Kalau kamu perhatikan, sekarang ini pengguna media sosial di Indonesia sudah mengalami pertumbuhan yang sangat besar kan. Media sosial sekarang sudah dijadikan sebagai alat promosi bisnis, baik bisnis online maupun bisnis offline. Lalu apa saja sih manfaat media sosial untuk bisnis? Ini dia penjelasannya:
1. Media Sosial Digunakan untuk Branding
Saat kamu punya bisnis dan ingin membangun branding, maka media sosial adalah salah satu alat yang bisa dimanfaatkan. Perhatikan saja Facebook, sekarang ini ada banyak iklan yang bisa kita temukan di Facebook, baik di timeline ataupun pada bagian side bar nya
Indonesia adalah salah satu negara yang paling banyak menggunakan media sosial, terutama Twitter dan Facebook. Jumlah pengguna media sosial tersebut kemungkinan besar masih akan bertambah karena pertumbuhan pengguna internet di masa yang akan datang diperkirakan akan terus berkembang.
2. Media Sosial Digunakan Untuk Promosi
Saat ini penggunaan media sosial sudah menjadi gaya hidup masyarakat modern di Indonesia. Setiap hari para pengguna gadget smartphone di Indonesia pasti online membuka salah satu akun media sosial mereka. Bagi para pengusaha, tentu saja ini adalah sebuah peluang yang sangat baik untuk memasarkan bisnis mereka melalui media sosial. Dengan memasang iklan di media sosial (misalnya Facebook) maka bisnis yang kita bangun akan lebih cepat terkenal dan lebih tertarget.
3. Media Sosial Untuk Riset Market
Banyak pengguna media sosial yang memposting unek-unek dan keinginan mereka di status media sosial. Selain itu, mereka juga berinteraksi dengan orang lain tentang minat dan hobby mereka di media sosial. Nah melalui status dan kebiasaan para pengguna media sosial inilah para pebisnis online bisa melakukan riset tentang kebutuhan mereka.
4. Berinteraksi Dengan Pelanggan di Media Sosial
Ada banyak sekali pemilik bisnis yang memanfaatkan media sosial untuk berinteraksi dengan para pelanggannya. Melalui interaksi ini kemungkinan besar akan semakin banyak orang yang mengetahui tentang bisnis kamu di internet. Media sosial yang sering digunakan untuk berinteraksi dengan pelanggan adalah Facebook dan Twitter.
Nah itu dia beberapa manfaat media sosial untuk bisnis. Melihat besarnya manfaat media sosial tersebut sudah seharusnya para pebisnis online segera memanfaatkan media sosial untuk mengembangkan bisnis mereka.
EmoticonEmoticon