6 Strategi Marketing yang Baik Bagi Pemula Dalam Menjalankan Bisnis Online - Dalam beberapa hari terakhir ini Saya mungkin sedang di sibuk kan dengan berbagai macam sharing bisnis online baik di Telegram, Grup FB, maupun Email Marketing. Jadi selain berbagi insight, Saya juga suka mendengarkan curhatan teman-teman sesama pemula bisnis online.
6 Strategi Marketing yang Baik Bagi Pemula Dalam Menjalankan Bisnis Online |
Saya meyakini, belajar melalui pengalaman sendiri ditambah dengan pengalaman orang lain itu akan jauh lebih bermakna daripada harus membuka ratusan lembar buku strategi marketing yang dijual di toko buku ataupun ebook premium di internet.
Bisnis online itu terbilang sebuah hal yang tidak pasti. Dan itu memang yang terjadi saat ini, Saya memandangnya sebagai sunatullah. Justru kita yang ditantang untuk bisa berjuang lebih giat dan berdo'a lebih banyak untuk meminta pada sang pemilik rezeki.
Berkaitan dengan sesuatu yang tidak pasti yaitu rezeki yang datangnya dari sebuah hal yang sedang saya lakukan yaitu bisnis online, maka perlu strategi yang tepat untuk bisa memperoleh hasilnya.
Untuk Anda yang baru memulai bisnis online, Anda wajib tahu tentang hal-hal mendasar mengenai strategi marketing dalam artikel ini yang akan membantu Anda menjalankan bisnis online dengan rasa senang dan memiliki perhitungan yang matang.
6 Strategi Marketing yang Baik Bagi Pemula Dalam Menjalankan Bisnis Online
1. Reciprocity
Bahasa mudahnya mungkin ialah "berilah terlebih dahulu untuk mendapatkan apa yang Anda inginkan". Pernahkah Anda mengunjungi situs jual beli toko online besar seperti blibli.com atau bhinneka.com. Biasanya mereka memberikan diskon untuk item-item tertentu. Itu adalah contoh reciprocity. Kedua toko online tadi memberikan potongan harga kepada para pengunjungnya, dengan harapan banyak orang yang tertarik sehingga terjadi pembelian. Menarik bukan?
Contoh lainnya ialah mungkin Anda pernah berkunjung ke blog tentang bisnis online dimana si pemilik blog memberi iming-iming eBook gratis jika Anda bersedia mengisi form nama dan alamat email? Banyak sekali blog-blog yang menggunakan strategi ini untuk mendapatkan alamat email para pengunjungnya. Untuk apa? Alamat email itu disimpan, kemudian akan dihubungi jika si pemilik blog ingin menjual produk tertentu. Nah, itulah beberapa contoh strategi pemasaran reciprocity yang bisa Anda tiru juga.
Di blog ini juga saya menerapkan konsep yang seperti ini. Jadi setelah Anda selesai membaca artikel ini, mohon untuk bisa isikan email Anda pada bagian kolom Subscribe Email dibawah ya.
2. Commitment
Strategi Menguasai Pengunjung dengan Menggunakan Pop Up |
Di blog ini juga saya menerapkan konsep yang seperti ini. Jadi setelah Anda selesai membaca artikel ini, mohon untuk bisa isikan email Anda pada bagian kolom Subscribe Email dibawah ya.
2. Commitment
Pengunjung yang diajak untuk membuat komitmen biasanya akan memiliki dorongan yang lebih besar untuk membeli sebuah produk atau jasa. Anda bisa mengajak para pengunjung Anda untuk sekedar melakukan komitmen kecil.
Salah satu contoh dari penerapan strategi marketing commitment ini yaitu website mengulas tentang fitnes, diet dan kebugaran tubuh. Namun selain berisi ulasan, mereka juga menjual tentang ebook maupun video training. Nah, untuk memberikan dorongan membeli kepada para pengunjungnya, mereka melengkapi situsnya dengan fitur penghitung jumlah penurunan berat badan.
Dari fitur tersebut, para pengunjung akan merasa lebih termotivasi untuk segera melakukan diet dan program-program yang disarankan. Nah, secara tidak sadar para pengunjung yang tertarik akan meyakinkan diri mereka sendiri untuk kemudian akhirnya membeli produk tersebut.
3. Social Proof
Salah satu contoh dari penerapan strategi marketing commitment ini yaitu website mengulas tentang fitnes, diet dan kebugaran tubuh. Namun selain berisi ulasan, mereka juga menjual tentang ebook maupun video training. Nah, untuk memberikan dorongan membeli kepada para pengunjungnya, mereka melengkapi situsnya dengan fitur penghitung jumlah penurunan berat badan.
Dari fitur tersebut, para pengunjung akan merasa lebih termotivasi untuk segera melakukan diet dan program-program yang disarankan. Nah, secara tidak sadar para pengunjung yang tertarik akan meyakinkan diri mereka sendiri untuk kemudian akhirnya membeli produk tersebut.
3. Social Proof
Apa itu strategi marketing social proof? Yaitu strategi yang menggunakan banyaknya pelanggan kita untuk menarik lebih banyak lagi pembeli. Contohnya seperti ini, misalkan Anda pergi ke sebuah kota X untuk pertama kalinya. Di sana Anda merasa lapar. Nah, kebetulan ada 2 warung bakso, yang satu ramai sedangkan yang satu sepi. Kira-kira Anda memutuskan makan di warung yang ramai atau yang sepi? Pada umumnya orang akan memilih untuk membeli ditempat yang ramai. Disinilah peran strategi marketing social proof.
Dengan begitu Anda sebagai calon pembeli akan dapat melihat, seberapa banyak orang yang membeli produk tersebut, dan seberapa puas mereka dengan produk yang telah dibelinya. Data tersebut secara tidak langsung akan meningkatkan minat pengunjung tertarget untuk membeli.
4. Liking
Baca juga: Peluang Usaha Bisnis Online untuk Wanita Karir yang SibukLalu bagaimana implementasinya pada bisnis online? Salah satu contoh paling mudah ialah dengan mengunjungi toko online terbesar di dunia yaitu amazon.com. Di sana Anda dapat melihat bahwa amazon menampilkan review dari para pembelinya.
Dengan begitu Anda sebagai calon pembeli akan dapat melihat, seberapa banyak orang yang membeli produk tersebut, dan seberapa puas mereka dengan produk yang telah dibelinya. Data tersebut secara tidak langsung akan meningkatkan minat pengunjung tertarget untuk membeli.
4. Liking
Yang dimaksud dengan strategi pemasan liking adalah dengan menjadi pribadi yang baik dan tentunya sesuai selera dari para pangunjung Anda. Dalam hal ini "Anda" harus benar-benar menjadi sesuatu yang disukai oleh para pengunjung. Apapun itu, mulai dari tampilan website, gaya bahasa, isi artikel, pelayanan dari customer service, kemasan produk, manfaat produk, pengiriman yang tepat waktu, harga yang bersahabat, dll. Banyak sekali faktor yang masuk didalam strategi marketing liking.
Untuk bisa menarik pembeli dari strategi ini Anda tentu membutuhkan waktu. Dari waktu dan jam terbang itulah maka kredibilitas Anda akan terbangun. Oleh karena itu pastikan Anda selalu memberikan "apapun" yang terbaik bagi pengunjung Anda dan teruslah melakukan evaluasi untuk menjadi lebih dan lebih baik lagi.
5. Authority
Untuk bisa menarik pembeli dari strategi ini Anda tentu membutuhkan waktu. Dari waktu dan jam terbang itulah maka kredibilitas Anda akan terbangun. Oleh karena itu pastikan Anda selalu memberikan "apapun" yang terbaik bagi pengunjung Anda dan teruslah melakukan evaluasi untuk menjadi lebih dan lebih baik lagi.
5. Authority
Bagaimana jika Anda ingin membeli sesuatu, baik itu barang maupun jasa, namun ketika Anda mengajukan pertanyaan yang detail, eh si empunya website tidak menguasai apa yang mereka tawarkan? Tentu Anda menjadi ragu bukan? Begitu juga perasaan pengunjung Anda jika mereka bertanya kepada Anda, dan Anda tidak dapat memberikan jawaban yang memuaskan. Oleh karena itu Anda harus menjadi seorang ahli. Dan untuk dikenal sebagai ahli, Anda tidak dapat hanya mengatakan bahwa Anda ahlinya karena keahlian memang harus ditunjukan.
Ada banyak cara untuk menunjukan bahwa Anda adalah seorang ahli dari produk maupun jasa yang Anda tawarkan. Salah satu cara yang dapat Anda tempuh adalah dengan meminta orang-orang yang sudah membeli dari Anda untuk memberikan testimoni yang jujur. Atau Anda juga dapat meminta mereka memberikan review atas produk, jasa, pelayanan, maupun pengalaman membeli dari Anda. Dengan begitu orang akan lebih yakin bahwa Anda adalah seorang ahli dan mereka lebih percaya untuk melakukan pembelian dari Anda.
6. Scarcity
Menjadi seseorang yang ahli dalam bidan dan jasa yang Anda tawarkan |
6. Scarcity
Strategi pemasaran yang terakhir adalah dengan melakukan desakan terhadap calon pelanggan Anda. Beberapa hal yang dapat dijadikan "senjata" dari strategi pemasaran ini adalah waktu, harga, dan jumlah produk yang tersedia. Anda dapat menggunakan masing-masing elemen secara terpisah maupun secara bersamaan. Misalnya, dengan memberikan keterangan segeralah membeli karena stok barang tinggal 2 buah. Dengan begitu pengunjung akan merasa terdorong untuk melakukan transaksi sesegera mungkin.
Sharing semacam ini sangat jarang sekali bisa saya tuliskan di blog. Semoga Anda bisa praktek 6 Strategi Marketing yang Baik Bagi Pemula Dalam Menjalankan Bisnis Online ini dan bersiaplah untuk mendapatkan banyak keuntungan dari bisnis online.
Baca juga: Cara Mengatasi Saat Toko Online sedang Sepi PembeliAtau misalkan saat menjelang pergantian tahun, Anda bisa memberikan rasa terdesak kepada para pengunjung dengan memberikan keterangan harga diskon 75% hingga tanggal 31 Desember. Dengan begitu akan tercipta efek dorongan untuk cepat-cepat membeli karena harga lebih murah 75% dan batas waktunya hingga 31 Desember.
Sharing semacam ini sangat jarang sekali bisa saya tuliskan di blog. Semoga Anda bisa praktek 6 Strategi Marketing yang Baik Bagi Pemula Dalam Menjalankan Bisnis Online ini dan bersiaplah untuk mendapatkan banyak keuntungan dari bisnis online.